Artikel

About Item 1

Tips Membuat Presentasi Agar Dilirik Recruiters

29 Nov 2017

Banyak job seeker yang terkadang gagal pada tahapan presentasi saat proses seleksi pekerjaan. Ada beragam factor yang menyebabkan kegagalan tersebut. Terkadang kita melewatkan tahapan evaluasi diri, kita lupa melakukan review atas setiap proses yang telah kita lalui dalam hidup.

Mempersiapkan presentasi untuk seleksi pekerjaan memang hal yang sangat penting, terlebih itu adalah pekerjaan yang benar-benar kita impikan. Tentu kita tidak mau membuang kesempatan emas itu secara sia-sia. Persiapan demi persiapan wajib hukumnya untuk dilakukan. Jika kamu ingin tahu bagaimana recruiters menilai presentasi kamu, baca artikel ini lebih lanjut.

Pertama, ketika menerima case yang diberikan oleh recruiters, pastikan kamu mencatat setiap detil yang diminta oleh recruiters. Biasanya recruiters hanya memberikan tema dan poin-poin yang harus ada dalam presentasi, selebihnya recruiters mengharapkan kreativitas kamu dalam menyusun presentasi. Agar preentasi kamu disimak oleh recruiters, kamu boleh coba tips berikut ini sebagai persiapan untuk membuat materi presentasi kamu.

Do research, put your innovation!

Setelah mendapatkan tema, lakukan research tentang tema tersebut melalui internet ataupun melalui text book yang kamu miliki. Kamu bisa cantumkan informasi yang menarik, atau ide-ide kamu yang inovatif, agar recruiters bisa melihat kamu bahwa kamu akan menjadi kandidat yang valuable karena memiliki inovasi baru untuk perusahaan.

Sajikan data dalam bentuk chart

Sajikan data-data yang telah kamu temukan dalam bentuk diagram yang baru, jangan sampai data yang kamu dapatkan dari internet disalin tanpa ada suntingan dari kamu terlebih dahulu. Buatlah dalam bentuk diagram yang menarik dan berwarna! Jangan lupa juga untuk menuliskan sumbernya!

 

Tampilkan foto-foto atau video untuk menarik perhatian recruiters

Daripada kamu menampilkan presentasi yang hanya berisi kata-kata, yang mungkin akan membuat recruiters bosan, tampilkan foto-foto ataupun icon-icon yang dapat merepresentasikan maksud kamu. Foto dapat menarik perhatian recruiters, sekaligus membuat presentasi lebih hidup. Berikan hanya sedikit penjelasan saja pada presentasi, selebihnya biarkan recruiters melihat kemampuan kamu dalam menjelaskan materi secara verbal. Bukankah kamu yang menjadi poin pentingnya disini ?

Berlatih sebelum hari H

Practice makes perfect, quotes ini rasanya memang sangat cocok untuk menggambarkan situasi ini. Berlatihlah, agar kamu bisa memahami keseluruhan materi presentasi, berlatihlah agar suaramu terdengar jelas, berlatihlah agar kamu bisa memahami materi presentasi, berlatihlah agar kamu merasa menguasai materi presentasi kamu. Dengan begitu, recruiters pun akan melihat kamu adalah kandidat yang diinginkan perusahaan. Selamat mencoba dan sukses untuk Kamu ! (hilda)

Powered by :

Karirpad

Terdaftar dan diawasi oleh :

Karirpad