Artikel

About Item 1

Recruiters MTF berbagi rahasia dibalik screening CV Kandidat

04 Aug 2017

Mencari pekerjaan yang terbaik dan sesuai dengan keinginan kita memang butuh persiapan yang matang. Mulai dari persiapan menggambarkan diri pada secarik kertas yang disebut dengan CV, persiapan penampilan diri, hingga persiapan mental untuk sampai ke tahapan seleksi akhir, yang pada akhirnya membawa kita untuk bergabung pada perusahaan yang telah kita tuliskan dalam lembaran mimpi kita. Namun tak jarang kebingungan dalam mempersiapkan diri, menjadi  penghalang kesuksesan kita dalam menggapai perusahaan yang diimpikan.

Persiapan awal yang harus dilakukan agar bisa masuk gerbang awal meraih perhatian recruiters adalah persiapan CV. CV memang bukan penentu bahwa kamu akan diterima pada pekerjaan, namun CV kamu akan menajdi gerbang awal kamu memasuki tahapan rekrutmen selanjutnya. Nah, sekarang Human Capital Mandiri Tunas Finance ingin berbagi rahasia dibalik proses screening CV kandidat PT. Mandiri Tunas Finance.

  • Tampilan Foto diri yang profesional

Penilaian terhadap kandidat dimulai dari proses screening CV oleh recruiters. Hal yang pertama sekali menjadi perhatian recruiters ketika membuka CV kandidat adalah foto profile diri. Foto yang disarankan adalah foto yang menampilkan jelas wajah kamu, foto yang memperlihatkan diri kamu yang siap bekerja secara professional. Kamu bisa foto menggunakan kemeja dengan dasi, atau kemeja dengan blazer untuk pria. Untuk wanita, kamu bisa menggunakan kemeja dengan blazer, atau blouse formal.Recruiters bisa saja menolak kamu jika kamu memasang foto dengan baju yang terlalu minim, atau foto selfie kamu yang tidak proper.

Namun perlu juga memperhatikan posisi dan type industry yang dilamar, karena jika kamu melamar ke industry kreatif dan modeling, maka mengikuti persyaratan tersendiri.

  • Kualifikasi Kandidat Sesuai requirement

Hal yang menjadi concern utama pada CV adalah deskripsi kualifikasi kandidat. Dimulai dari usia, background pendidikan, IPK, pengalaman kerja, serta skills kandidat. Sebagai fresh graduate memang sebagian dari kamu mungkin belum memiliki pengalaman kerja, namun kamu bisa saja menulis pengalaman internship, pengalaman menjadi ketua panitia acara, ataupun peran kamu dalam organisasi yang ada relevansinya dengan kualifikasi pekerjaan yang kamu inginkan.  

Recruiters juga akan menilai skills yang kamu miliki. Jadi, tulislah secara spesifik skills yang kamu kuasai yang bisa memenuhi keinginan perusahaan. Misalnya, jika perusahaan mensyaratkan kamu harus memiliki skills dalam adobe photoshop, corel draw, maka nyatakan dalam CV kamu bahwa kamu menguasai photoshop, corel draw, dan skills lain yang terkait. Hal lain yang juga harus diingat dalam membuat CV adalah jangan menulis terlalu banyak. Terkadang job seeker “terlalu bernafsu” dalam membuat CV, sehingga CV bisa menjadi 3 hingga 4 halaman. Recruiters MTF menyarankan agar CV hanya 1 halaman saja.

  •  
  • Design CV yang atraktif

 

Sebagai fresh graduate yang penuh semangat, kreatifitas, biasanya recruiters akan melihat kreatifitas design CV kamu untuk mengetahui gambaran karakter diri kamu. Design CV memang tidak menjadi vocal point sebuah CV, namun layout yang menarik, perpaduan antara warna yang selaras, font yang jelas, serta alur penulisan CV yang rapih, akan menjadi point plus kamu dibanding kandidat lainnya.

 

  •  

 

  • Identias Diri yang Jelas

Jika recruiters tertarik akan diri kamu, maka recruiters akan melakukan kontak melalui email dan handphone. Jadi pastikan CV kamu memuat nama lengkap, nomor handphone, alamat email, serta current address. Nomor HP yang dincantumkan adalah nomor handphone yang available untuk dikontak ya. Recruiters bisa saja menolak kamu karena hp kamu yang selalu tidak aktif saat ditelpon. Jadi, coba diingat-ingat lagi, ketika kamu sedang dalam proses rekrutmen kerja, handphone kamu sering mati ngga ya ? Begitupun juga dengan alamat email, alamat email yang ditulis wajib hukumnya untuk menulis email yang benar dan yang selalu kamu update ya. Jangan sampai kamu malah terlewat jadwal tes karena email yang kamu tuliskan adalah email yang jarang sekali kamu buka.  

Jika kamu sudah melakukan hal-hal diatas namun masih belum mendapat panggilan kerja, bukan berarti CV kamu buruk, bisa saja memang requirement perusahaan tidak sesuai dengan background pendidikan kamu, atau kamu tidak memiliki skills yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jadi, jangan berkecil hati ya. Tetap semangat, berusaha, dan terkahir berdoa agar kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, dan passion kamu. Cheers (RECRUITERS MTF)

 

Powered by :

Karirpad

Terdaftar dan diawasi oleh :

Karirpad