Artikel

About Item 1

Meet the loveable Hanna Van Hellen “alumnus MT Batch 1” Our “Multiguna Development Spesialist”

12 Oct 2017

 

cid:37151506459071215604186

Menjadi karyawan yang terbaik dari yang terbaik memang tidak mudah. Perlu adanya perjuangan dan pengorbanan yang harus dilakukan demi mencapai sebuah kesempurnaan. Begitulah kiranya yang dialami oleh Hanna Van Hellen, salah satu peserta Management Trainee (MT) terbaik pada Batch 1 yang telah diwisuda pada tahun 2015 yang lalu. Perjuangan Hellen dimulai ketika ia harus bersaing dengan 12.000 kandidat MT Batch 1 lainnya. Setelah proses seleksi yang cukup panjang, Hellen termasuk dalam 24 orang yang terpilih menjadi MT pertama di Mandiri Tunas Finance. Tidak sampai disitu, ia pun harus mengorbankan waktu bersama keluarganya di Madiun, sebab ia harus menempuh pendidikan di Jakarta selama 6 bulan.

In Class Training di  Jakarta

Hellen bersama 23 MT Batch 1 lainnya memang wajib untuk melaksanakan pendidikan di Kantor Pusat Mandiri Tunas Finance selama 6 bulan. Selama periode waktu tersebut, peserta MT Batch 1 diberikan bekal untuk menjadi pemimpin masa depan di Mandiri Tunas Finance. Mulai dari pengetahuan tentang bisnis, supervisory skill, communication skill, bahkan hingga kelas untuk grooming. MTF memang berkomitmen penuh untuk peserta MT agar mampu mengemban amanah nantinya sebagai pemimpin muda di MTF.

Awal mula kisah Hellen menjadi MT terbaik telah dimulai sejak inclass training di Kantor Pusat. Setiap ujian dihadapi dengan baik oleh Hellen, ia pun termasuk anak yang aktif di kelas. Pun dengan teman satu batch, Hellen dikenal anak yang ramah dan menyenangkan.

On The Job Training yang Menantang

Setelah proses inclass training berakhir, Hellen ditempatkan di Divisi Multiguna untuk OJT (On The Job Training) selama 6 bulan sebagai Multiguna Development Specialist.  Hellen memang menaruh ketertarikan khusus pada Multiguna.  Menurutnya, ia masih punya banyak ruang untuk melakukan development. “Waktu itu multiguna masih serba manual, bahkan masih 1 customer. Aku merasa tertantang untuk mengetahui dari A-Z dan membuat development”  kata Helen.

Selama OJT di Divisi Multiguna, Hellen memang banyak mengembangkan project-project baru. Mulai dari system telemarketing, branding multiguna, MTF-GO untuk multiguna, bahkan ia menciptakan produk baru yaitu Produk TOP-UP multiguna yang sampai saat ini memberikan profit yang cukup besar untuk perusahaan.  Ketika ditanya tentang bagaimana Hellen mampu melaksanakan semua project tersebut selama 6 bulan saja, Hellen menjawab “pengembangan project aku memang dibantu oleh mentorku “Pak Tatep”  yang selalu memberikan kesempatan untuk mentoring, coaching, bahkan curhat sekalipun. Sebelum presentasi ke direksi, beliau membantu simulasi seperti keadaan presentasi yang sesungguhnya”.

Hellen pun rajin berkonsultasi mengenai project terkait multiguna dengan berbagai pihak, termasuk dengan direksi sekalipun.  Menurut Hellen, lingkungan kerja di MTF memang borderless dan memberikan kesempatan yang luas untuk inovasi-inovasi baru.

“Kesempatan untuk berdiskusi dengan direksi sangat terbuka lebar, sampai aku dikenal “Hellen-guna” sama BOD kita. Kadang Direksi ngasih challenge langsung sama aku. Bahkan tidak jarang direksi manggil aku untuk diskusi. Diskusi-diskusi kecil ini yang membuat aku merasa diperhatikan

Pembentukan Mental, Pengalaman Paling Berharga

Setelah masa pendidikan berakhir, Hellen mengaku  yang paling berharga adalah proses pembentukan mental selama OJT.

“Bagaimana kamu harus menyesuaikan diri di tempat yang baru, dengan lingkungan yang baru, menghadapi individu yang berbeda karakter, yang hanya bisa didapatkan ketika kamu sudah “nyemplung langsung”. Dan itu semua didapatkan ketika OJT.”

Program OJT yang berlangsung selama 6 bulan ini sangat berpengaruh dan membuat Hellen merasa berkembang dalam berbagai sisi. Selain dapat mempraktikan teori yang sudah didapatkan, Hellen pun sekaligus juga mendapat ilmu baru.

Bersyukur bisa menjadi bagian dari MT MTF

Hellen yang kini sudah menjabat  sebagai Multiguna Development Specialist, merasa sangat bersyukur dan bahagia menjadi bagian dari MT - MTF. Menurutnya program MT - MTF sudah sangat memenuhi ekspektasinya dalam bekerja.

“Di MTF kamu bisa mengekspresikan diri kamu, mengembangkan ide kamu dan didukung oleh atasan yang tidak pernah membatasi diri dengan timnya. Benefit yang aku dapatkan juga sangat memenuhi ekspektasi aku. Plus satu lagi, Kerja dimana lagi yang corporate gitu, tapi bisa pake jeans 2x seminggu.”

Semua hal yang sudah Hellen dapatkan selama ini berkat prinsipnya selalu ia pegang kokoh “hasil tidak pernah mengkhianati proses. Maka lakukanlah proses yang terbaik”

 

Powered by :

Karirpad

Terdaftar dan diawasi oleh :

Karirpad