Artikel

About Item 1

Kontribusi Untuk Negeriku

09 Apr 2018

Sebagai salah satu mahasiswi di Departemen Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada angkatan 2017 saya saat ini aktif pada empat organisasi. Yang pertama, saya aktif  pada  Badan Eksekutif Mahasiswa  Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (BEM KM UGM) sebagai salah satu staf pada kementrian Hubungan Luar, lalu juga aktif di American Association Of  Petroleum Geologist UGM Student Chapter (AAPG UGM SC)  pada divisi Public Relation dan  saya juga aktif pada Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Fakultas Teknik UGM (HMTG FT UGM) sebagai anggota madya , selain itu saya tergabung pada Persatuan Himpunan Mahasiswa Geologi Inonesia (PERHIMAGI) sebagai anggota.

Hal-hal yang telah saya lakukan selama 7 bulan berada di teknik geologi UGM yaitu tentunya yang pertama belajar dengan baik mengemban ilmu demi cita-cita memajukan bangsa atau membangun Indonesia menuju negara yang lebih baik dalam bidang ilmu yang saya emban. Selama berada di Teknik Geologi ini saya pernah menjadi salah satu komite dari Publikasi Dekorasi Dokumentasi (PDD) untuk Course dan  Workshop dari AAPG UGM SC  dengan tema “ Volcanic Reservoir : A Potential Indonesia’s Future Energy and Case Studies of Onshore Field , Jatibarang , West Java , Indonesia’’  dengan pembicara Bapak Dr. Ir. Benyamin , M.Sc yaitu Kepala Divisi Eksploitasi dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Bapak Dr. Ir. Jarot Setyowiyoto , M.Sc yaitu seorang dosen pengajar di Departemen Teknik Geologi FT UGM. Dengan menjadi panitia dalam event ini saya jadi mengetahui potensi-potensi pengembangan energi  di Indonesia dan event ini juga membawa saya lebih mengenal beliau kemudian berdiskusi bersama mengenai industri migas di indonesia. Selain itu pada bulan Desember lalu saya mengikuti kegiatan Pengenalan Dasar Lapangan ( PDL ) yang diadakan oleh HMTG FT UGM dalam upaya membangun karakter mahasiiswa yang bukan hanya bagus di bidang akademik namun mampu kuat secara mental dan fisiknya. Kegiatan tersebut diadakan pada tanggal 26-30 Desember lalu di Yogyakarta dan  Tracking di Jawa Tengah. Kemudian pada Februari lalu tepatnya pada 2-3 Februari , saya mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK )  yang diadakan oleh HMTG FT UGM dalam upaya membangun mahasiswa yang mampu memimpin suatu kelompok besar dan mampu berpikir kritis mengenai segala hal. Dalam kegiatan tersebut terdapat “ Sharing Alumni” dan terdapat bagian dimana Presiden Mahasiswa UGM yaitu Obed Kresna Widyapratistha hadir di tengah para peserta LDK lalu beliau membahas mengenai bagaimana seharusnya kita berpikir dan bertindak sebagai mahasiswa. Dai kegitan PDL dan LDK saya ditempa untuk mampu menjadi mahasiswi yang kuat secara fisik, mental dan baik secara akademis agar nantinya saya dapat lulus dengan kualitas diri yang sangat baik sehingga siap berkontribusi lebih untuk Indonesia.

Hal-hal yang sedang saya lakukan bersamaan dengan masa-masa kuliah saya di Teknik Geologi FT UGM yaitu saat ini saya berperan aktif dalam event Geoweek sebagai panitia bagian Humas dari acara tersebut. Geoweek itu sendiri terdiri dari 6 event besar , yaitu:

  • International Geomapping Competition yang di ikuti berbagai universitas di Asia dan Eropa.
  • Seminar Nasional Kebumian ke-11 dengan tema “ Perspektif Ilmu Kebumian dalam Kajian Bencana Geologi di Indonesia’’.
  • Lomba Cerdas Cermat Kebumian (LCCK) dengan tema “ Pusaka Antargata , Nusantara Abhipraya” yang bermakna “ Dengan Mengungkap Kekayaan yang masih Terpendam, Indonesia memiliki harapan di Masa Depan”.
  •  FOSI, kegiatan bertema “ Past and Present Sedimentation in Tropical Region” yang didalamnya terdapat seminar dan lomba pembuatan paper  yang diadakan oleh The Indonesian Sedimentologist Forum (FOSI) dan International Association of  Sedimentologist (IAS) serta The Society of sedimentary Geology (SEPM)
  • Fun Bike , suatu kegiataan bersepeda bersama alumni UGM dengan tujuan Desa Binaan  HMTG FT UGM di Bayat,Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Galena , suatu kegiatan penutup dari keseluruhan event-event yang telah diselenggarakan.

Geoweek ini akan diadakan selama seminggu di Universitas Gadjah Mada yaitu pada tanggal 1-8 September 2018 mendatang dan sudah mulai dipersiapkan dari sekarang. Selain aktif dalam event Geoweek saya juga sedang berperan aktif sebagai koordinator PPD untuk mempersiapkan event lainnya yaitu Internasional Energy Summit yang akan dilaksanakan 10 November 2018 mendatang dengan pembicara Nader  Helmy Zaki yaitu Country Manager di  British Petroleum Egypth , Andang Bacthiar Yaitu Senior Advisor di  Pertamina International E&P Rovicky  Dwi Putrohari dari  SAKA VP Exploration.

Pada tanggal 2-4 Mei  nanti saya akan melakukan software training di Schlumberger yaitu sebuah perusahaan asal Amerika serikat yang bergerak di sektor energi khusunya pertambangan dan perminyakan yang berlokasi di Jakarta. Saat itu juga saya berkesempatan hadir pada acara  Indonesian Petroleum Association di jakarta , acara tersebut merupakan acara tahunan terbesar di Indoneisa khusunya pada bidang perminyakan.

Hal lainnya yang sedang saya lakukan untuk Indonesia saat ini yaitu berperan aktif melalui BEM KM UGM melalui kementrian Hubungan Luar yang memiliki program kerja cukup beragam sehingga kedepannya mampu berdampak baik untuk suatu kemajuan. Melalui kementrian ini saya bertemu dengan banyak orang dari universitas lainnya yang ada di Indonesia bahkan berkomunikasi dengan baik melalui email bersama  beberapa orang yang berada di negera lain. Di kementrian Hubungan Luar BEM KM UGM memiliki progra kerja sebagai berikut :

  • Study Visit ke Singapura pada bulan Oktober.
  • Menerima kunjungan dari luar negeri yang berhubungan dengan BEM KM UGM itu sendiri.
  • Menyebarkan berita internasional melalui jejaring media sosial.
  • Study visit ke Universitas yang ada di Indonesia , contohnya yaitu pada bulan April akan diadakan kunjungan ke Institut Teknologi Bandung dan Universitas Padjadjaran.
  • Visiting media ke situs berita Tirto.id yang berlokasi di Yogyakarta.
  • Temu Alumni Universitas Gadjah Mada.
  • Workshop humas UGM yang telah diadakan pada 23 Maret 2018 lalu.
  • Yogyakarta Night , yaitu event berkumpul besama mahasiswa dari Universitas yang ada di Yogyakarta yang tergabung di BEM KM universitasnya masing-masing.
  • Forum akrab antar anggota BEM KM UGM.
  • Mengadakan sekolah jurnalistik dan videografi.
  • Dan lain-lain.

Melalui berbagai program kerja tersebut saya dan rekan-rekan saya di kementrian Hubungan Luar BEM KM UGM  mampu mengembangkan diri dalam meningkatkan jiwa sosial dan jiwa berpikir kritis untuk hal-hal baru lainnnya yang akan bermanfaat untuk kemajuan bangsa ini.

Untuk kontribusi lainnya yang kedepannya akan saya lakukan untuk negeri ini melalui berbagai organisasi yang ada yaitu yang pertama di perhimpunan HMTG FT UGM yaitu menjadi salah satu anggota aktif di HMTG FT UGM dalam segala kegiatan,  misalnya sebagai delegasi untuk event-event yang ada di persatuan Persatuan Himpunan Mahasiswa Geologi Inonesia (PERHIMAGI)  sehingga saya dapat berperan langsung  dalam kontribusi untuk Indonesia sebagai mahasiswa Teknik Geologi. Sebagai seorang mahasiswa tentunya saya punya peran untuk memajukan Indonesia melalui hal-hal yang bisa dlakukan seorang mahasiswa Teknik Geologi seperti melakukan pemetaan daerah rawan longsor  agar kedepannya masyarakat yang berada di daerah rawan tersebut siap siaga jika ada indikasi akan terjadi longsor, kegiatan semacam ini sudah pernah dilakukan oleh mahasiswa dari Teknik Geologi HMTG FT UGM  pada di daerah Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.  Selain itu sebagai mahasiswa di Teknik Geologi tentunya harus bisa mengembangkan Indonesia melalui berbagai hal , misalnya saja saat ini dengan adanya Desa Binaaan HMTG FT UGM  di daerah Bayat , Klaten, Jawa Tengah yang mengusung tema Geowisata untuk kemajuan masyarakat sekitar yang secara langsung berdampak untuk kemajuan Indonesia.

Sebagai  mahasiswi dari teknik geologi FT UGM itu sendiri ke depannya Saya berharap mampu lulus tepat waktu dengan IPK yang memuaskan dan kemungkinan saya nantinya akan bekerja di industri  Minyak dan Gas karena saya ingin sekali bisa memajukan dunia migas yang ada di Indonesia. Sebagaimana kita tahu industri migas di Indonesia masih kebanyakan menggunakan metode konvensional padahal ada banyak metode lainnya yang akan lebih efisien dan menghasilkan lebih banyak migas , misalnya melalui Shale Oil.  Kedepannya setelah bekerja saya berencana untuk melanjutkan ke jenjang pasca sarjana di luar negeri dengan pendalaman ilmu dibidang Migas itu sendiri dan saya akan berupaya lulus tepat waktu agar saya dapat kembali ke Indonesia untuk  kembali berkontribusi demi kemajuan negeri melalui ilmu-ilmu yang saya miliki.

Powered by :

Karirpad

Terdaftar dan diawasi oleh :

Karirpad