Artikel

About Item 1

Kontribusi Saya Bagi Indonesia

09 Apr 2018

Saya merupakan seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan studi Sarjana di Institut Teknologi Bandung dengan spesialisasi di Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian. Saya sendiri bukan merupakan orang yang aktif berorganisasi selama menempuh pendidikan di jenjang sebelumnya dan bukan juga orang yang memiliki jiwa aktivis. Hal ini didasari oleh sifat saya yang cenderung menutup diri (intovert). Masa SMA saya lebih banyak dihabiskan untuk merenungkan tujuan hidup dalam jangka ke depan setelah lulus. Hingga pada akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada jurusan berlatang belakang kebumian ini.

Kecintaan saya pada bumi ini muncul ketika saya mendengarkan cerita teman saya yang merupakan seorang korban bencana Lumpur Lapindo. Ia harus rela berpindah-pindah tempat tinggal karena bencana tersebut. Peristiwa itu merupakan satu dari sekian banyak bencana kebumian yang muncul di Indonesia. Mulai dari situ, saya memiliki keinginan untuk berkontribusi lebih pada bumi ini khususnya di Indonesia. Hal-hal kecil yang timbul dari kesadaran untuk mencintai bumi mulai saya lakukan secara perlahan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari tidak membuang sampah sembarangan, menghemat listrik, menanam pohon di lingkungan sekitar dan hal-hal kecil lainnya.

Tanpa kita sadari, hal sekecil ini memiliki dampak yang luas bagi keberlangsungan kehidupan yang ada di alam ini. Tanpa kita sadari juga hal hal kecil ini dapat mengubah hidup kita menjadi lebih baik. Misalnya, dengan menanam pohon di sekitar, kita dapat mencegah berbagai macam penyakit yang dapat timbul pada saluran pernapasan. Namun prihatinnya, hal ini masih belum ada pada pola pikir kebanyakan masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia masih enggan melakukan hal sesederhana ini. Padahal dampaknya begitu besar bagi bumi Indonesia. Sebagai contoh saja, masyarakat di daerah kelurahan saya tinggal yaitu di Sidoarjo. Kelurahan saya yang berada di jantung kota terletak dekat dengan sebuah sungai. Masyarakat disana masih banyak yang membuang sampah sembarangan di sungai. Sementara itu, tidak jauh dari sungai terdapat tempat pembuangan sampah akhir. Masyarakat disana juga tidak bisa dibilang orang yang berpendidikan rendah karena kebanyakan merupakan orang yang bekerja kantoran. Mirisnya juga, masih banyak yang membuang sampah sembarangan walaupun telah diperingatkan baik oleh petugas sekitar maupun tanda yang dipajang di sekitaran sungai. Akibatnya, ketika musim hujan tiba, daerah sekitar akan terkena dampak yang ditimbulkan yaitu bencana banjir. Hampir setiap kali hujan turun, daerah kelurahan saya tergenang air luapan sungai karena tersumbat oleh sampah sampah yang menggenang. Untuk itu diperlukan perubahan pola pikir dan kebiasaan masyarakat Indonesia supaya bencana bencana kebumian yang sifatnya dapat dicegah danakibat ulah manusia sendiri tidak terjadi lagi.

            Pada saat ini, ada beberapa kontribusi yang sedang saya laksanakan untuk bumi Indonesia. Untuk beberapa jam dan hari kedepan, saya ikut mendukung program earth hour dengan cara mematikan segala peralatan yang tersambung dengan listrik sehingga dapat menghemat energi yang ada di Indonesi bahkan di dunia. Earth Hour ini juga merupakan hal kecil yang dapat dilakukan seluruh masyarakat di dunia khususnya di Indonesia yang ingin berkontribusi lebih untuk menjaga bumi ini. Hal lain yang sedang dan akan saya lakukan ada la kegiatan hari bumi.Pada bulan april nanti, fakultas saya akan melaksanakan berbagai kegiatan yang mendukung pelestarian alam dan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga alam dalam kaitannya terhadap Hari Bumi. Saya yang ikut ambil bagian dalam program pengabdian masyarakat berharap dapat berbagi sedikit cerita dan sedikit ilmu yang saya punya kepada masyarakat sekitar mengenai perhatian dalam menjaga bumi ini. Saya ingin masyarakat Indonesia lebih memperhatikan lingkungan sekitar karena kita manusia tidak tinggal sendiri di alam ini. Selanjutnya, pada kegiatan pengabdian masyarakat juga saya berharap dapat mendengar cerita cerita mereka dalam sudut pandang yang berbeda mengenai kegiatan pelestarian lingkungan dan saya berharap juga dapat melakukan sedikit hal hal kecil untuk melestarikan lingkungan sekitar di daerah sana nantinya. Selain itu, acara tersebut juga dapat membantu untuk menambah ilmu dan kontribusi saya bagi bumi dan Indonesia.

Untuk saat ini, saya masih menjalani studi di fakultas karena berkaitan dengan kebijakan institut tempat saya belajar yaitu studi jurusan akan dilangsungkan pada tingkat 2 setelah pemilihan jurusan. Nantinya, jika saya diizinkan dan diperkenankan, saya ingin mengambil program studi geologi. Hal ini sejalan dengan cita cita saya nantinya di bidang ilmu kebumian. Saya ingin lebih memberikan perhatian khusus pada masalah lingkungan dan energi yang ada di Indonesia. Saya ingin memberikan kontribusi saya kepada Indonesia melalui profesi yang akan saya jalani nantinya. Berbagai hal yang ingin saya lakukan ialah memberikan kesadaran kepada masyarakat luas terkait pelestarian lingkungan, menambah ilmu saya mengenai bumi itu sendiri sehingga nantinya dapat disebarluaskan dan diterapkan pada kehidupan sekitar misalnya ilmu mengenai bencana alam geologi sehingga nantinya saya dapat membantu masyarakat maupun pemerintah jika terjadi bencana alam tersebut. Hal lain yang ingin saya lakukan untuk Indonesia adalah kontribusi pada bidang pendidikan.

Selain memiliki concern(perhatian) pada masalah lingkungan hidup, saya juga memiliki ketertarikan untuk menyelesaikan atau setidaknya membantu mengurangi masalah di bidang pendidikan. Untuk saat ini memang saya belum berkontribusi secara langsung dalam memperbaiki pendidikan di Indonesia. Namun saya berharap ke depannya saya mampu memberikan andil untuk menyelesaikan masalah masalah yang ada. Salah satu hal yang ingin saya lakukan adalah mengajar anak anak yang tidak memiliki biaya untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya. Pada dasarnya semua orang memiliki hak yang sama untuk mendapat pendidikan. Hal ini tercantum pada Undang Undang Dasar Republik Indonesia Pasal 31. Beberapa bulan lalu saya memiliki kesempatan emas untuk mengambil peran sehingga bisa mengajar beberapa anak yang membutuhkan. Tapi karena beberapa hal, saya tidak dapat mewujudkannya. Namun, keinginan saya untuk mengajar anak anak tersebut sudah bulat. Sehingga jika saya diberi kesempatan tersebut lagi nantinya, saya ingin memanfaatkannya dan memaksimalkannya sehingga dapat membantu anak anak tersebut.

Untuk mewujudkan hal hal tersebut perlu dilakukan tindak nyata dalam pelaksanaannya. Halyang dapat saya lakukan agar keinginan dan cita cita saya untuk berkontribusi terhadap Indonesia adalah belajar secara sungguh sungguh. Dengan belajar secara sungguh sungguh ilmu yang saya tekuni, saya dapat mengamalkan ilmu tersebut ke kehidupan nyata secara keseluruhan tidak setengah-setengah. Karena dalam pandangan saya, ilmu yang diamalkan secara setengah setengah tidak akan menimbulkan manfaat namun malah kerugian yang kan muncul. Hal lain yang dapat saya lakukan ialah memulai sesuatu dari sekarang dan dari hal yang kecil terlebih dahulu. Keinginan saya untuk berkontribusi lebih pada bidang kebencanaan alam di Indonesia tidak dapat saya lakukan secara langsung dengan melakukan hal yang konteksnya besar dan luas. Namun, hal itu dapat dimulai dari melakukan hal kecil. Mempelajari karakteristik wilayah kebencanaan Indonesia misalnya. Selain itu, hal lain seperti mulai mencintai dan memahami lingkungan alam sekitar juga dapat dilakukan. Beberapa hal di atas juga diharapkan dapat membantu meraih cita cita saya yaitu menjadi seorang Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri ESDM nantinya.

Sebagai penutup, saya berharap dengan esai ini saya dapat bebagi cerita, inspirasi dan harapan saya. Saya berharap harapan ini bukan hanya sekedar harapan semata namun merupakan sesuatu yang dapat saya wujudkan nantinya. Saya juga berharap kontribusi saya tidak hanya sebagai hiasan semata namun menjadi penggerak kontribusi saya yang lain ke depannya dan kontribusi masyarakat Indonesia terhadap negeri ini. Karena, bagi saya, kebahagiaan adalah ketika apa-apa yang kita punya bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Kaya adalah bukan seberapa banyak yang kita punya, tetapi kaya adalah seberapa banyak yang kita beri.Saya ingin terus memberikan pencerahan, dedikasi, menyalakan idealisme, menginspirasi anak-anak bangsa, dan membantu mencapai tujuan bangsa Indonesia yang telah dicanangkan oleh para leluhur bangsa. Saya meyakini inilah jalan terbaik untuk mengabdi dan berkontribusi. Semoga saya bisa senantiasa berkontribusi untuk negeri ini bukan hanya dalam kaitan lingkungan alam tapi pada pendidikan, kemiskinan dan masih banyak lagi bagi Indonesia.

Powered by :

Karirpad

Terdaftar dan diawasi oleh :

Karirpad