Artikel

About Item 1

Kandidat yang mencuri perhatian recruiters saat Interview

28 Nov 2017

Sahabat karir MTF, semua pasti pernah mengalami kebahagiaan dan kelegaan yang luar biasa ketika telah menyelesaikan sidang skripsi dan wisuda, dimana satu tahapan kehidupan yang cukup sulit telah dilewati.  Namun perasaan itu tidak berlangsung lama karena ternyata masih ada tahapan berikutnya yang telah menanti. Kemanakah saya akan melangkah setelah ini? Melanjutkan studi? Mencari Pekerjaan? Buka usaha sendiri? Ternyata masih ada tanggung jawab beriktunya yang menanti untuk dijalani.

Ketika keputusan mencari pekerjaan mulai muncul di dalam diri, tantangan dalam melamar pekerjaan dan menghadapi proses seleksi bersama kandidat lain, cukup menyita pikiran dan perasaan kita. Ketika melamar pekerjaan pada suatu perusahaan muncul perasaan berdebar dan penuh harap agar resume kita bisa dilirik oleh recruiters. Setelah mendaftar, muncullah perasaan harap-harap cemas, menunggu kabar baik untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Hari demi hari berlalu, hingga suatu siang, muncul notifikasi email yang berisi undangan interview dari perusahaan tersebut, perasaan bahagia membuncah di hati. Namun seketika perasaan mulai galau kembali, bingung, risau, apa saja yang harus dipersiapkan pada saat interview tersebut.

Sahabat karir MTF, Anda tidak perlu khawatir, ketika kamu mendapatkan undangan interview dari perusahaan, kami akan memberikan tips yang dapat membantu Anda untuk mempersiapkan interview.

Pertama sekali, catat jadwal interview pada agenda, atau reminder di handphone kamu. Catatlah secara detail, kapan, dimana, dresscode, tema, dan dokumen apa saja yang harus dibawa saat interview.

Kedua, mulailah untuk persiapan dokumen  yang diminta oleh recruiters untuk di bawa dan dilengkapi.

Ketika hari interview tiba, hal yang perlu kamu perhatikan adalah :

office look for men.jpg

2ac05e6ac3fc50f4fe15bd945714a75e.jpg1. Perlihatkan penampilan mu yang professional

Saran kami untuk pakaian yang sesuai untuk dikenakan ketika interview,

Khusus pria : menggunakan celana bahan, kemeja, dan  dasi. Lengkapi dengan sepatu pantofel, rambut yang sleek, dan memakai wewangian secukupnya.

Untuk wanita, memakai celana/rok bahan dengan atasan kemeja dan dapat dilengkapi dengan blazer. Jangan lupa, tatalah rambut kamu agar terlihat lebih cantik. Jika menggunakan jilbab maka kenakan bahan yang tidak mudah lusuh atau kusut. Tambahkan sedikit pemulas wajah, dan pewarna bibir yang berwarna lembut, seperti soft pink, atau warna nude. Penampilan kamu yang paripurna akan menarik perhatian recruiters dan menjadi nilai plus bagi kamu.

 

2. Perlihatkan percaya dirimu GettyImages-580746891-56b09ce95f9b58b7d0246120.jpg

Percaya diri kamu bisa terlihat jelas oleh recruiters dari penampilan diri kamu, cara berkomunikasi dengan recruiters, gesture tubuh kamu, bahkan hingga ekspresi wajahmu. Para recruiters berharap agar kamu bisa memperlihatkan antusiasme kamu saat interview. Misal, pada saat recruiters meminta kamu untuk menjelaskan tentang pengalaman berorganisasi kamu saat kuliah, jelaskanlah dengan penuh semangat, mungkin kamu bisa menceritakan sambil tersenyum pada beberapa cerita yang menyenangkan. Hindari silent moment yang cukup lama yang membuat situasi kurang menyenangkan.Pada saat menjawab pertanyaan recruiters, jawablah dengan jujur dan to the point.  Ingat jawaban To the point ya, bukan jawaban yang seadanya, bukan juga jawaban yang bertele-tele yang mungkin membuat kamu tampak tidak mengerti akan pertanyaan recruiters.

 

3. Mencari tahu tentang perusahaan yang dituju

Jangan lupa, kamu perlu mempelajari terlebih dahulu mengenai perusahaan yang kamu lamar, karena pada saat melakukan interview, ada kemungkinan kamu akan ditanya pengetahuan kamu tentang perusahaan, atau alasan kamu apply pada perusahaan tertentu. Akan menjadi nilai plus bagi kamu yang sudah memahami basic perusahaan tersebut. At least, ketika kamu ditanya tentang arah bisnis dan jenis bidang usaha pada perusahaan tersebut, kamu bisa menjawab dengan percaya diri dan terlihat bahwa kamu memang benar-benar menginginkan bekerja pada perusahaa tersebut.

 

4. Perlihatkan keyakinan kamu tentang perusahaan tersebut

Beberapa perusahaan mengisyaratkan untuk ikatan dinas, penempatan di daerah, seperti program Management Trainee di Mandiri Tunas Finance.  Pastikan kamu benar-benar yakin bahwa kamu siap untuk segala persyaratan yang telah ditentukan pada perusahaan tersebut. Jika kamu tidak terlalu yakin, maka kemungkinan recruiters juga tidak terlalu yakin untuk meng-hire kamu. Jadi, pastikan bahwa ketika akan melakukan interview, kamu yakin atas segala kualifikasi dan syarat yang ditetapkan perusahaan.

Jika kamu sudah melakukan yang terbaik pada saat proses interview, tapi masih tidak dilanjutkan pada proses selanjutnya, jangan bersedih dulu, bisa saja memang posisi tersebut kurang pas untuk kamu, atau Tuhan punya rencana yang lebih baik untuk rencana karir ke depan kamu. Tetaplah untuk berusaha dan berdoa ya.

Selamat mencoba dan sukses untuk Kamu semua! (Hilda)

 


 

Powered by :

Karirpad

Terdaftar dan diawasi oleh :

Karirpad